Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemahaman mahasiswa Akuntansi dan Manajemen terhadap konsep aset, liabilitas dan ekuitas antara mahasiswa yang berasal dari SMK jurusan akuntansi, SMU jurusan IPS dan SMU jurusan IPA pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi dan manajemen Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang yang terdaftar sebagai mahasiswa semester 3, 5, dan 7 yang aktif untuk tahun akademik 2014/2015 dan telah lulus mata kuliah pengantar akuntansi. Penelitian ini menggunakan uji beda yaitu uji Kruskal Wallis dan uji Mann-Whitney yaitu untuk mengetahui perbedaan pemahaman mahasiswa Akuntansi dan Manajemen terhadap konsep aset, liabilitas dan ekuitas antara mahasiswa yang berasal dari SMK jurusan akuntansi, SMU jurusan IPS dan SMU jurusan IPA.Dari hasil pengukuran perbedaan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap konsep aset, liabilitas dan ekuitas yang berasal dari SMK jurusan akuntansi, SMU jurusan IPS dan SMU jurusan IPA, dinyatakan tidak terdapat perbedaan pemahaman mahasiswa terhadap konsep aset, liabilitas dan ekuitas, maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman tentang aset, liabilitas dan ekuitas antara mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Jurusan Manajemen yang berasal dari SMK Jurusan Akuntansi, SMU Jurusan IPS dan SMU Jurusan IPA tidaklah berbeda dan bisa dikatakan mempunyai penilaian yang sama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan tidak ada sebuah jaminan yang menyatakan bahwa mahasiswa yang berasal dari SMK jurusan akuntansi yang telah mendapat pembelajaran tentang akuntansi lebih banyak di sekolah mampu memahami mata kuliah dasar-dasar akuntansi dengan baik dibandingkan dengan mahasiswa yang berasal dari SMU jurusan IPA yang mendapat pembelajaran tentang akuntansi paling sedikit di sekolah Kata Kunci : Aset, Liabilitas dan Ekuitas.
Copyrights © 2015