Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak melalui kegiatan mendongeng di TK Sangia Jampaka Kecamatan Mawasangka. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian adalah guru dan anak di TK A yang berjumlah 20 orang anak. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 60%, aktivitas belajar anak didik diperoleh persentase ketercapaian sebesar 64% sedangkan hasil belajar anak berupa peningkatan kepercayaan diri anak sebelum dilakukan tindakan sebesar 25% anak memperoleh nilai BSB dan BSH kemudian meningkat pada siklus I sebesar 45%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 90%, persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 91% dan hasil belajar anak meningkat sebesar 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri anak di TK Sangia Jampaka Kecamatan Mawasangka dapat ditingkatkan melalui kegiatan mendongeng. Kata kunci: Kepercayaan Diri, Mendongeng, Anak
Copyrights © 2018