Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh metode farming gardening project sebagai solusi pembelajaran alam dalam meningkatkan kemampuan anak di TK Kuncup Bahari Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah anak TK Kuncup Bahari Kendari yang berjumlah 42 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri atas: perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh persentase belajar anak sebesar 84,6% dan persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru sebesar 86,7%. Pada siklus II hasil penelitian persentase ketercapaian aktivitas belajar anak juga mengalami peningkatan menjadi 92,3%. Sedangkan persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93,3%, Berdasarkan hasil evaluasi tentang kemampuan anak dalam penerapan pembelajaran alam menggunakan metode farming gardening project menunjukkan bahwa hasil observasi awal diperoleh persentase sebesar 33,33% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 61,90%. Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 83,33%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran alam anak di TK Kuncup Bahari Kendari dapat ditingkatkan melalui metode farming gardening projectKata kunci: Pembelajaran Alam, Farming, Gardening.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018