Tujuan penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Konda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Konda yang berjumlah 20 orang anak didik yang terdiri 11 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan analisis data dari hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I  diperoleh persentase ketercapaian sebesar 78,5%, aktivitas belajar anak didik siklus I persentase ketercapaian sebesar 75%, sedangkan hasil belajar anak didik tentang penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak diperoleh persentase ketercapaian pada siklus I sebesar 65%. Sedangkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dimana ketercapaian  sebesar  93%, pada hasil aktivitas belajar anak didik siklus II diperoleh persentase ketercapaian menjadi 91%, sedangkan untuk hasil belajar anak didik tentang penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak diperoleh persentase ketercapaian pada siklus II sebesar 85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Konda. Kata kunci: metode eksperimen, kemampuan kognitif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019