Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan kemampuanmembaca siswa yang diajar dengan menggunakan metode membaca SQ3R dandengan menggunakan metode membaca Quantum Reading. Perbedaan kemampuanmembaca siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan denganauditori. Dan interaksi antara metode membaca dengan gaya belajar siswa dalammemberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini adalah quasieksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan untukmengumpulkan data adalah tes hasil belajar kemampuan membaca. Teknik analisisdata menggunakan ANAVA 2x2 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil belajarkemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa yang diajardengan metode SQ3R lebih tinggi daripada hasil belajar kemampuan membaca yangdiajar dengan metode Quantum Reading. Terdapat perbedaan yang signifikanantara hasil belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesiayang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan auditori. Terdapat interaksiantara metode membaca dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajarkemampuan membaca siswa.
Copyrights © 2016