Creative Research Management Journal
Vol 2 No 1 (2019): June

ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PROF. DR. HAZAIRIN, SH BENGKULU

Markoni Markoni (Universitas Prof. Dr. Hazairin,SH Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Abstrak Melalui Penelitian ini diharapkan mendapatkan gambaran tentang bagaimana Kepuasan Pengunjung Perpustakaaan Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 Orang dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan Data menggunakan Kuisioner, dan analisa data menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), dengan memperhitungkan tingkat Kepentingan Pengunjung dan Tingkat Kinerja Pegawai. Aspek-aspek yang dinilai meliputi Ketersediaan Referensi, Kejelasan Informasi, Kecepatan Pelayanan, Jaringan Internet, Keramahan Petugas serta Kenyamanan Ruang Baca. Dari hasil analisis data diperoleh Nilai Customer Satisfaction Indeks (CSI) atau indeks kepuasan Pengunjung Perpustakaan Unihaz adalah sebesar 66,15 %. Hal ini menunjukkan bahwa Pengunjung Perpustakaan Unihaz Bengkulu dapat dikatakan puas. Ditinjau dari tingkat Kepentingan, dari semua aspek yang diteliti, asfek asfek yang menurut pengunjung sangat Penting dan perlu terus ditingkatkan terutama asfek Ketersediaan Referensi, Jaringan Internet, serta kenyamanan ruang baca. Sedangkan asfek asfek yang perlu mendapat perhatian agar kepentingan pengunjung Perpustakaan dapat terpenuhi dan mendapat kepuasan adalah Kecepatan Pelayanan, Kejelasan Informasi, serta Keramahan Pegawai Sebaliknya dari ke-enam asfek Penilaian terhadap tingkat Kinerja pegawai, maka asfek asfek yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan terutama asfek Kejelasan Informasi Kecepatan Pelayanan serta Keramahan Pegawai Perpustakaan Unihaz.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

crmj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah CREATIVE RESEARCH MANAGEMENT JOURNAL dikelola dan diterbitkan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unihaz merupakan media publikasi hasil penelitian dalam bidang ilmu manajemen dan bisnis, termasuk aplikasinya, baik marketing, finance, operational, management information system, human ...