Education and Human Development Journal
Vol 3 No 2 (2018): Education and Human Development Journal

CORPORAL PUNISHMENT: CASE STUDY ON THE LEGITIMACY OF CORPORAL PUNISHMENT IN JUNIOR HIGH SCHOOL “X” SURABAYA

Wahyudi, Agus (Unknown)
., Warsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2018

Abstract

Guru dan siswa memiliki hubungan yang tidak dapat dipisahkan dalam pendidikan. Hubungan antara keduanya terkadang berjalan dengan harmonis tetapi dalam kesempatan yang berbeda itu kontradiktif. Seringkali, guru melakukan hukuman fisik kepada siswa. Guru mengklaim bahwa hal tersebut dilakukan untuk menegakkan disiplin bagi siswa di sekolah. Makalah ini mengungkapkan bagaimana bentuk hukuman fisik yang dilakukan oleh guru kepada siswa dan niat guru dalam melakukan hukuman fisik kepada siswa, serta bagaimana legitimasi tindakan kekerasan tersebut dibangun. Penelitian ini dilakukan di SMP “X” Surabaya dengan menggunakan pendekatan fenomenologi oleh Alfred Schultz (1991). Studi kasus ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EHDJ

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Educatioan and Human Development Journal (EHDJ) Published by the Teaching and Education Faculty (FKIP). Published since April 7, 2017 with two versions, namely the printed version of ISSN: 2541-0156 and online e-SSN: 2559-0292. Rear-published twice every April and September. Committed to improving ...