Education and Human Development Journal
Vol 3 No 1 (2018): Education and Human Development Journal

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI DALAM MENULIS PUISI BEBAS DENGAN METODE “CONFERENCE WRITING” DI SDN KESAMBEN I KECAMATAN PLUMPANG TUBAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Anik, Lilik Nuka (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2017

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metodeconference writing dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas diSDN Kesamben I Plumpang Tuban pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. (2) Meningkatkankemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas dengan menerapkan metode conferencewriting di SDN Kesamben I Plumpang Tuban pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Desainpenelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaan penelitian ini dibagi menjadidua siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswakelas VI di SDN Kesamben I Plumpang Tuban tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 14 siswa,terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Analisis data secara deskriptif kualitatif denganmenggunakan persentase dan rata-rata. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1)Pembelajaran dengan menerapkan metode conference writing dapat meningkatkan kemampuan siswakelas VI dalam menulis puisi bebas di SDN Kesamben I Kecamatan Plumpang Tuban semester IItahun pelajaran 2014/2015. (2) Kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas sebelumditerapkan metode conference writing mencapai nilai rata-rata 56,75 (kategori kurang) denganketuntasan belajar klasikal yaitu 29%. Pada siklus I mencapai nilai rata-rata 70,36 (kategori baik)dengan ketuntasan belajar klasikal 65% (tidak tuntas), dan pada siklus II meningkat nilai rata-ratayaitu 80,86 dengan ketuntasan belajar klasikal 86%. Peningkatan kemampuan siswa dalam menulispuisi bebas dari siklus I ke siklus II sebesar 10,50.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EHDJ

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Educatioan and Human Development Journal (EHDJ) Published by the Teaching and Education Faculty (FKIP). Published since April 7, 2017 with two versions, namely the printed version of ISSN: 2541-0156 and online e-SSN: 2559-0292. Rear-published twice every April and September. Committed to improving ...