Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metodeconference writing dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas diSDN Kesamben I Plumpang Tuban pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. (2) Meningkatkankemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas dengan menerapkan metode conferencewriting di SDN Kesamben I Plumpang Tuban pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Desainpenelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaan penelitian ini dibagi menjadidua siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswakelas VI di SDN Kesamben I Plumpang Tuban tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 14 siswa,terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Analisis data secara deskriptif kualitatif denganmenggunakan persentase dan rata-rata. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1)Pembelajaran dengan menerapkan metode conference writing dapat meningkatkan kemampuan siswakelas VI dalam menulis puisi bebas di SDN Kesamben I Kecamatan Plumpang Tuban semester IItahun pelajaran 2014/2015. (2) Kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas sebelumditerapkan metode conference writing mencapai nilai rata-rata 56,75 (kategori kurang) denganketuntasan belajar klasikal yaitu 29%. Pada siklus I mencapai nilai rata-rata 70,36 (kategori baik)dengan ketuntasan belajar klasikal 65% (tidak tuntas), dan pada siklus II meningkat nilai rata-ratayaitu 80,86 dengan ketuntasan belajar klasikal 86%. Peningkatan kemampuan siswa dalam menulispuisi bebas dari siklus I ke siklus II sebesar 10,50.
Copyrights © 2018