Education and Human Development Journal
Vol 4 No 2 (2019): Education and Human Development Journal

PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENGAJAR MELALUI SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS DI SDN MARGOREJO III/405 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

susilowati, susilowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

Sikap profesional yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru yang sebenarnya. Kompetensi tersebut akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan maupun sikap profesional dalam menjalankan fungsi sebagai guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui supervisi kunjungan kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian tindakan sekolah menunjukkan profesionalisme guru meningkat dari siklus ke siklus, pada siklus I nilai rata-rata kompetensi pedagogik guru adalah 71,09. Sedangkan pada siklus ke II nilai rata-rata profesionalisme guru adalah 77,6. Indikator ketercapaian penelitian tindakan sekolah nilai rata-rata kemampan guru dalam mengajar diatas 75 melebihi target yang ditentukan peneliti.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EHDJ

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Educatioan and Human Development Journal (EHDJ) Published by the Teaching and Education Faculty (FKIP). Published since April 7, 2017 with two versions, namely the printed version of ISSN: 2541-0156 and online e-SSN: 2559-0292. Rear-published twice every April and September. Committed to improving ...