Jurnal Kajian Manajemen Bisnis
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Kajian Manajemen Bisnis

Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Usaha Kecil Menengah Berbasis Industri Kreatif melalui ICT

Elsandra, Yesi (Unknown)
Yulianto, Ardhian Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2013

Abstract

Peran Information and Communication Technology (ICT) dalam memasarkan produk UKM kreatif menjadi strategis agar UKM kreatif yang selama ini product oriented menjadi market oriented. Strategi pemasaran melalui ICT memberikan kesempatan kepada UKM kreatif mendapatkan informasi dan berkomunikasi serta menyampaikan ide produknya kepada stakeholder sehingga dapat melakukan ekspor dan peluang bisnis lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana yang menjadi objeknya adalah UKM kreatif Hailcake. Tujuan penelitian 1), untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran melalui ICT yang telah dilakukan Hailcake. 2) Apakah ICT berperan dalam meningkatkan penjualan Hailcake. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hailcake melaksanakan semua aktivitas produksi dan  promosi di rumah sambil tetap dapat mengerjakan aktifitas sebagai ibu rumah tangga di rumah. Strategi pemasaran yang dilakukan Hailcake adalah memanfaatkan ICT dengan membuat jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter tetapi belum maksimal memanfaatkan blog. ICT berperan positif dalam memperluas pemasaranya. Informasi dari mulut ke mulut turut membantu distribusi produk Hailcake.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jkmb

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Manajemen Bisnis (JKMB) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang yang menjadi media untuk mempublikasikan artikel hasil penelitian dalam bidang manajemen, bisnis dan kewirausahaan yang terbit dua kali setahun. ...