JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan
Vol 2, No 2 (2019)

PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MATA PELAJARAN IPA BAB SIKLUS AIR DAN PERISTIWA ALAM SEBAGAI PENGUATAN KOGNITIF SISWA

Tri Wahyu Ningtiyas (Universitas Negeri Malang)
Punaji Setyosari (Universitas Negeri Malang)
Henry Praherdiono (Universtas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
22 May 2019

Abstract

Media pop-up book merupakan opsi media yang dapat dikembangkan untuk memberikan variasi pembelajaran. Penelitian pengembangan ini berujud untuk membuktikan bahwa media pop-up book yang dikembangkan valid dan layak membantu sepanjang proses pembelajaran di SD Tegal Besar 1 Jember. Model pengembangan yang diaplikasikan pada observasi ini adalah model Dick & Carey. Produk pengembangan ini dikatakan valid dengan perolehan tingkat kevalidan dari ahli media sebesar 96,59%, dari ahli materi sebesar 97,36%, dan angket responden sebesar 98,14%. Selain itu berlandaskan hasil uji coba siswa saat media belum diimplementasikan dan setelah menggunakan media didapati pertambahan rata-rata sebesar 40,37%. Siswa juga merasa senang sepanjang proses pembelajaran berlangsung. Siswa menjadi mudah diatur dan lebih fokus terhadap materi yang disajikan. Bersumber pada hasil pengembangan, alat bantu yang dikembangkan memberikan imbas pada hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jktp

Publisher

Subject

Other

Description

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikanis a journal in the field of educational technology which contains literature review, action reserach, case study research, and empirical findings in scientific disciplines of educational technology theories and practices. The covered topics are involved the ...