Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1, No 2 (2017): Desember

MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KURIKULUM DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH BUDUG TUGUSUMBEREJO PETERONGAN JOMBANG

Solichin, Mujianto (Unknown)
Hasanah, Alvianti Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2017

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan pendidikan yang harus dicapai oleh anak didik melalui kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen kepemimpinan kurikulum di MTs Al-Hidayah Budug Tugusumberjo Peterongan Jombang. Jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang digunakan adalah observasi langsung. Wawancara dilakukan kepada Kepala Madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan guru. Kesimpulan hasil Penelitian, Pelaksanaan manajemen kepemimpinan kurikulum di MTs Al-Hidayah Budug Tugusumberjo Peterongan Jombang terdiri dari pelaksanaan ditingkat madrasah oleh Kepala Madrasah dan wakilnya, pelaksanaan kepemimpinan kurikulum ditingkat kelas oleh guru. Faktor pendukungnya yaitu Kepala Madrasah menjalin kerjasama antar Kepala Madrasah, sarana prasarana yang memadai, SDM yang sesuai dibidanya, dan dukungan dari orang tua siswa. Faktor penghambatnya yaitu sulitnya dilaksanakan kurikulum karena kemampuan siswa yang beragam tidak diimbangi dengan dukungan orang tua kepada anaknya untuk belajar serta pembiayaan yang menjadi kendala dalam meningkatkan kualitas madrasah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Islam (JPI) adalah jurnal ilmiah berkala sebagai media desiminasi hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah konsepsional dan hasil penelitian seputar pendidikan Islam ditinjau dari berbagai aspek dan sudut pandangnya. Jurnal ...