Keseimbangan berperan penting untuk aktifitas fisik bagi anak karena dalam setiap kegiatan sehari-hari membutuhkan keseimbangan yang baik. Terbentuknya keseimbangan yang baik pada anak salah satunya dapat di tingkatkan dengan permainan tradisional egrang bambu. Permainan tradisional ini bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan fungsi fisiologis dan psikologis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest And Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V putra di SDS Sunan Kalijogo Jabung yang berjumlah 28 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 5 putra di SDS Sunan Kalijogo Jabung yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Modified Bass Test of Dynamic Balance. Teknik analisis data menggunakan uji-t before-after (sebelum-sesudah). Dari hasil yang di dapatkan hasil uji-t memperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,563 > 2,673) pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan tradisional egrang bambu terhadap keseimbangan siswa kelas V di SDS Sunan Kalijogo Jabung. Apabila dilihat dari mean difference sebesar 5,714. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh permainan tradisional egrang bambu terhadap keseimbangan.
Copyrights © 2019