DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 1 No 2 (2021): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)

Nasaruddin, Nasaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2020

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IA.1 SMA Negeri 1 Panca Lautang Semester I tahun ajaran 2016/2017, sebanyak 26 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data tersebut adalah sebagai berikut : (1) Hasil belajar matematika siswa sebelum pembelajaran kooperatif tipe TAI berada dalam kategori tidak tuntas yaitu skor rata-rata 42,23. (2) Hasil belajar matematika setelah pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siklus I berada dalam kategori tuntas yaitu skor rata-rata 63,91 dengan skor tertinggi 80 dan skor terendah 53 dari skor maksimum yang mungkin dapat dicapai yaitu 100. (3) Hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siklus II berada dalam kategori tuntas yaitu skor rata-rata 79,29 dengan skor tertinggi 93 dan skor terendah 60 dari skor maksimum yang mungkin dapat dicapai yaitu 100. Selain itu, juga terungkap bahwa kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan selama proses pembelajaran berlangsung setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

diferensial

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di ...