cover
Contact Name
Elihami
Contact Email
diferensialjr@ummaspul.ac.id
Phone
+6281339859730
Journal Mail Official
diferensialjr@ummaspul.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika-STKIP Muhammadiyah Enrekang Jalan Jenderal Sudirman No. 17 Enrekang, Sulawesi Selatan-Indonesia, Post Code 91712
Location
Kab. enrekang,
Sulawesi selatan
INDONESIA
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
ISSN : -     EISSN : 27164047     DOI : DOI Prefix: 10.33487/
Core Subject : Education,
Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia.
Articles 40 Documents
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Nasaruddin, Nasaruddin
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 2 (2021): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IA.1 SMA Negeri 1 Panca Lautang Semester I tahun ajaran 2016/2017, sebanyak 26 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data tersebut adalah sebagai berikut : (1) Hasil belajar matematika siswa sebelum pembelajaran kooperatif tipe TAI berada dalam kategori tidak tuntas yaitu skor rata-rata 42,23. (2) Hasil belajar matematika setelah pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siklus I berada dalam kategori tuntas yaitu skor rata-rata 63,91 dengan skor tertinggi 80 dan skor terendah 53 dari skor maksimum yang mungkin dapat dicapai yaitu 100. (3) Hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siklus II berada dalam kategori tuntas yaitu skor rata-rata 79,29 dengan skor tertinggi 93 dan skor terendah 60 dari skor maksimum yang mungkin dapat dicapai yaitu 100. Selain itu, juga terungkap bahwa kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan selama proses pembelajaran berlangsung setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI).
Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pemahaman Konsep Matematika pada Peserta didik Kelas X MAN 1 Baraka Alam, Pratiwi Pujilestari
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 2 (2021): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebuah penelitian eksperimen semu tanpa kontrol yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah peserta didik MAN I Baraka Kabupaten Enrekang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X1 MAN I Baraka Kabupaten Enrekang sebelum diterapkan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 47,42, (2) Rata-rata pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X1 MAN I Baraka Kabupaten Enrekang setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 85, 31, (3) Terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X1 MAN I Baraka Kabupaten Enrekang yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FPB DAN KPK DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BERBASIS KONSEP ARITMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 20 PAREPARE Hafsyah, Hafsyah
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 2 (2021): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar FPB dan KPK dengan menggunakan alat peraga berbasis konsep aritmatika pada peserta didik kelas IV SD Negeri 20 Parepare. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 20 Parepare yang berjumlah 21 orang. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: (a) tahap perencanaan, (b) tahap tindakan, (c) tahap observasi, (d) tahap refleksi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar FPB dan KPK mengalami peningkatan dengan menggunakan alat peraga berbasis konsep aritmatika pada peserta didik kelas IV SD Negeri 20 parepare, hal ini dapat dilihat dari: (1) adanya peningkatan skor rata-rata hasil belajar FPB dan KPK peserta didik yaitu pada siklus I sebesar 56,76 menjadi 90,14 pada siklus II; (2) meningkatnya ketuntasan hasil belajar FPB dan KPK peserta didik yaitu pada siklus I 0% menjadi 90,5% pada siklus II; dan (3) meningkatnya persentase aktivitas belajar peserta didik yang sesuai proses pembelajaran yaitu pada siklus I sebesar 38,55% menjadi 68,30% pada siklus II.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Chalk and Talk pada Peserta Didik Kelas IV SDN No. 8 Tampaan Sandi, Desi Hadi
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 2 (2021): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran Chalk and Talk pada peserta didik kelas VI SDN NO 8 Tampaan. Tahap pelaksanaannya meliputi: perencanaan (plaining), pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas VI semester ganjil SDN no 8 Tampaan pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing tiga kali pertemuan proses pembelajaran dan satu kali pertemuan dilakukan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan teknik observasi .Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SDN NO 8 Tampaan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah diterapkan strategi pembelajaran Chalk and Talk.
Peningkatan Kreativitas Matematika Melalui Model Vark-Fleming pada Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 3 Mattiro Sompe Agusriandi, Agusriandi
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 2 (2021): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa kreativitas matematika dapat ditingkatkan melalui model Vark-Fleming pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 3 Mattiro Sompe. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang pelaksanaannya meliputi 4 tahapan yaitu: perencanaan (planing), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 semester ganjil dengan jumlah murid 25 orang. Data peneltian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kreativitas matematika dan lembar observasi. Berdasarkan analisis statistika deskriptif diperoleh nilai rata-rata kreativitas matematika pada siklus II sebesar 64,33, meningkatnya rata-rata persentase aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran pada siklus I sebesar 72,38% menjadi 83,81% pada siklus II, menurunnya rata-rata persentase aktivitas siswa yang tidak sesuai dengan pembelajaran pada siklus I sebesar 21,33% menjadi 10,67% pada siklus II, dan meningkatnya rata-rata kemampuan guru mengelola pembelajaran dari siklus I sebesar 3,36 menjadi 4,49 pada siklus II, hal ini berarti bahwa model Vark-Fleming dapat meningkatkan kreativitas matematika pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 3 Mattiro Sompe.
Analysis of Mathematical Reasoning Ability in Junior High School in terms of Lerning Style Sayuri, Monica
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 2 (2021): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar. Kemampuan penalaran matematis merupakan satu diantara beberapa kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh peserta didik. Salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematis adalah gaya belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H SMP Negeri 1 Ciruas Kabupaten Serang yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik kelas VII H mempunyai tingkat kemampuan penalaran matematis sedang dan peserta didik kelas VII H sudah mampu untuk menyajikan pernyataan matematika secara rulisan, gambar atau diagram; menarik kesimpulan dan menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi; menarik simpulan dari pernyataan; dan memeriksa kesahihan argumen.
Penerapan Model Pembelajaran Delikan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap Rustiani, Rustiani; Wekke, Nirmalasari; Asri, Asri
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2 No 2 (2022): Diferensial Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas VII.2 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 orang.Pelaksanaan tindakan dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes pada setiap akhir siklus dan lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan menggunakan persentase ketuntasan belajar untuk mengukur tingkat keberhasilan siswapada materi matematika.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa hasil belajarmatematika meningkat melalui penerapan model DELIKANpada siswakelas VII.2 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe, yang dapat dilihat dari: (1) meningkatnya skor rata-rata hasil belajarmatematika siswa yaitu 70,60 pada siklus I menjadi 83,38 pada siklus II; (2) meningkatnya rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa yaitu 60 % pada siklus I menjadi 95% pada siklus II; (3) meningkatnya rata-rata persentase aktivitas siswa yaitu 4,07 % pada siklus I menjadi 4,44% pada siklus II.
Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Metode Pembelajaran Learning Contracts dengan Metode Pembelajaran Learning Journals Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Enrekang A, Ruslimin.; Sari, Agung Suci Dian; Hafsyah, Hafsyah
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2 No 2 (2022): Diferensial Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1Enrekang yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Contracts, untukmengetahui hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Enrekang yang diajar denganmenggunakan metode Learning Journals dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarmatematika siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Learning Contractsdengan yang diajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Learning Journals pada siswakelas X SMAN 1 Enrekang. Penelitian ini merupakan Two group, pretest posttest design.Instrumen yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah adalah tes hasil belajar siswayang terkait dengan materi trigonometri dan lembar observasi. Pengolahan data yangdilakukan penulis dalam hal ini adalah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif daninferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasilbelajar matematika kelas eksperimen I adalah 71,81 sedangkan kelas eksperimen II adalah78,86. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh thitung = −2,22 , harga iniselanjutnya dibandingkan dengan ttabel dengan dk = n1 + n2 – 2 = 66 pada taraf signifikansi
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistik Pada Siswa Kelas V UPTD SDN 20 Barru Kabupaten Barru Rosmawati, Hj.
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2 No 2 (2022): Diferensial Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan realistic pada siswa kelas V UPTD SDN 20 Barru Kabupaten Barru dengan jumlah siswa 23 orang. Siklus I dilaksanakan selama dua kali pertemuan dan siklus kedua dilaksanakan dua kali pertemuan.Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar yang dilaksanakan setiap akhir siklus dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pada siklus I skor rata – rata hasil belajar matematika adalah 64,78 dari skor tertinggi yang mungkin tercapai 100 dengan standar deviasi 16,61 dan berada pada kategori sedang, serta ketuntasan belajar murid sebesar 47,83%. (2) Pada siklus II skor rata – rata hasil belajar matematika adalah 81,95 dari skor tertinggi yang mungkin dicapai 100 dengan standar deviasi 11,55 dan berada pada kategori tinggi, serta ketuntasan belajar siswa sebesar 95,65 %. (3) Terjadi peningkatan kehadiran dan, keaktifan siswa pada saat mengerjakan soal-soal latihan. (4) terjadi penurunan siswa yang melakukan kegiatan lain. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SDN 20 Barru Kab. Barru melalui pendekatan realistic
Efektivitas Model Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Logika Djafar, Suarti; S, Rustiani
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2 No 2 (2022): Diferensial Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab rendahnya hasil belajar mahasiswa, diantaranya adalah perencanaan dan implementasi pembelajaran yang dilakukan oleh dosen tampaknya masih dilandasi dengan metode transfer informasi. Kondisi pembelajaran seperti ini akan menimbulkan kebosanan bagi mahasiswa karena tidak dapat melihat hubungan antar materi pelajaran yang telah dipelajari dengan materi berikutnya. Model Treffinger dirancang untuk memperkuat struktur kognitif mahasiswa dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi logika. Hasil pre-test mahasiswa pendidikan matematika yang berjumlah 15 orang sebelum diterapkan model pembelajaran Treffinger, berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 60,61. Hasil post-test mahasiswa pendidikan matematika yang berjumlah 15 orang sesudah diterapkan model pembelajaran Treffinger, berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 85,43. Rata-rata mahasiswa yang memberi respon positif terhadap pengunaan model pembelajaran Treffinger sebesar 80,09%. Berdasarkan hasil yang telah diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Treffinger pada materi logika efektif

Page 1 of 4 | Total Record : 40