DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 1 No 2 (2021): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FPB DAN KPK DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BERBASIS KONSEP ARITMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 20 PAREPARE

Hafsyah, Hafsyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar FPB dan KPK dengan menggunakan alat peraga berbasis konsep aritmatika pada peserta didik kelas IV SD Negeri 20 Parepare. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 20 Parepare yang berjumlah 21 orang. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: (a) tahap perencanaan, (b) tahap tindakan, (c) tahap observasi, (d) tahap refleksi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar FPB dan KPK mengalami peningkatan dengan menggunakan alat peraga berbasis konsep aritmatika pada peserta didik kelas IV SD Negeri 20 parepare, hal ini dapat dilihat dari: (1) adanya peningkatan skor rata-rata hasil belajar FPB dan KPK peserta didik yaitu pada siklus I sebesar 56,76 menjadi 90,14 pada siklus II; (2) meningkatnya ketuntasan hasil belajar FPB dan KPK peserta didik yaitu pada siklus I 0% menjadi 90,5% pada siklus II; dan (3) meningkatnya persentase aktivitas belajar peserta didik yang sesuai proses pembelajaran yaitu pada siklus I sebesar 38,55% menjadi 68,30% pada siklus II.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

diferensial

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di ...