Latar belakang: Status gizi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan. Keadaan kurang gizi terutama pada anak akan mengakibatkan terganggunya pertumbuhan fisik dan kecerdasan. Metode: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi dan pola asuh keluarga dengan status gizi anak prasekolah dan penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi yang diteliti adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 dengan sampel 61 yang diambil melalui cara total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner yang di isi oleh orang tua terutama kepada ibu, serta pengukuran berat badan dan tinggi badan anak.Hasil: Penelitian ini menunjukan bahwa prevalensi status gizi sangat kurus pada anak sebesar 0%, status gizi kurus pada anak sebesar 11,5% dan status gizi normal pada anak sebesar 52,5%, status gizi gemuk pada anak sebesar 24,6%, dan status gizi obesitas pada anak sebesar 11,5%. Pada penelitian ini, terdapat hubungan yang bermakna antara pendidikan ibu (p=0,002), pekerjaan ibu (p=0,008), penghasilan orangtua (p=0,005), pengetahuan ibu tentang gizi (p=0,010), pola asuh keluarga (p=0,030), perilaku pemberian makan anak (p=0,016) dengan status gizi anak.Kesimpulan: status gizi anak prasekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam keluarga. Background: Nutritional status is an indicator development of success. The condition for malnutrition especially for children will have an effect for physical growth and intelligence.Methods: This study aims to determine the relationship pattern of family care and nutritional knowledge with nutritional status in preschool children and this research using cross sectional design, and the research has been taken for all children for 5 until 6 years old in TK Negeri Pembina 1, with 61 samples that has been taken with total sampling. Data collection is done by filling out the questionnaire. Those questionnaire are filling out by the parents especially for mothers, as well as weight and height measurements in children.Result: This research showing that the prevalence of very thin nutritional status is 0%, the nutritional status is 11,5%, the normal nutritional status is 52,5%, the nutritional status of obese 24,6%, and the obese nutritional status is 11,5%. In this study, there was a significant relationship between mother‟s education (p = 0,002), mother‟s job (p = 0,008), parent‟s income (p = 0,005), mother‟s knowledge about nutritional (p = 0,010), pattern of family care (p = 0,030), child feeding behavior (p = 0,016) with nutritional status.Conclusion: Nutrition status in preschool children determined are some factors in their family.
Copyrights © 2019