alam pembelajaran bahasa Arab, terdapat empat maharah yang harus dikuasaioleh para peserta didik, yaitu maharah istima’, maharah kalam, maharah kitabah danmaharah qiro’ah. Keempat maharah tersebut tidak dapat dipisahkan satu dengan yanglainnya. Dalam tulisan ini penulis membahas tentang pembelajaran bahasa denganmenggunakan pendekatan holistik. Dengan menggunakan pendekatan holistik keempatmaharah tersebut dapat diajarkan secara menyeluruh. Tujuan penelitian ini yaitu untukmengetahui potensi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakanpendekatan holistik. Metode yang digunakan penulis untuk mencapai tujuan tersebut yaitudengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metodeobservasi non partisipasi (nonparticipatory observation). Hasil yang diperoleh dari penelitianini adalah yaitu meningkatnya spiritualitas peserta didik, meningkatkan pemahamanpelajaran bahasa arab, pembelajaran yang aplikatif dan efektif, dan mewujudkan pribadiberkarakter. Selain itu, peserta didik dapat belajar bahasa arab secara utuh, lingkunganbelajar yang berintergritas, mewujudkan pribadi berintegritas antara individu dan sosial,fokus dalam belajar, mengembangkan peserta didik sesuai potensi.
Copyrights © 2017