FOKUS : Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan
Vol 1, No 4 (2018): Vol 1 No. 4 Juli 2018

PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI PADA SISWA SMA

Rahmah Winnit Mardhiyyah (IKIP Siliwangi)
Firawati Indiriani (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2018

Abstract

Prokrastinasi adalah sebuah perilaku menunda dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Banyaknya siswa SMA yang terbiasa melakukan prokrastinasi dapat berdampak negatif bagi keberhasilan pembelajaran setiap siswa. Untuk mengurangi perilaku tersebut guru BK membantu siswa dengan menggunakan layanan konseling behavioral. Layanan konseling behavioral yang dilakukan oleh guru BK berguna untuk merubah perilaku yang sebelumnya berdampak negatif menjadi perilaku baru yang diharapkan dan memberi dampak positif bagi siswa. Layanan konseling behavioral ini dilakukan dengan menggunakan teknik asertif, teknik ini dipilih berdasarkan adanya hubungan negatif diantara perilaku asertif dengan perilaku prokrastinasi. Sehingga konseling ini dapat meningkatkan perilaku asertif yang akan menurunkan perilaku prokrastinasi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan konseling behavioral menggunakan teknik asertif dapat menurunkan perilaku prokrastinasi pada siswa SMA. Kata Kunci: Prokrastinasi, Konseling Behavioral, Teknik Asertif

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

fokus

Publisher

Subject

Education Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

Fokus publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Guidance and Counseling study program of IKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: Guidance and Counseling educator in elementary, secondary and high school level. Guidance and Counseling observers ...