FOKUS : Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan
Vol 1, No 3 (2018): Vol 1, No. 3 Mei 2018

PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK MTs

Artyarini Artyarini (Unknown)
Eva Oktapiani (Unknown)
Siti Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2018

Abstract

Penelitian ini berangkat dari data awal yang diperoleh oleh peneliti mengenai adanya perilaku bullying yang terjadi di MTsS YPMI Wanayasa. Perilaku bullying ini terjadi dalam jenis bullying fisik, verbal, relasional, maupun cyber bullying. Salah satu layanan bimbingan dan konseling yang dapat dilakukan adalah bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing. Role playing dianggap dapat mereduksi perilaku bullying karena melalui bermain peran, peserta didik dapat lebih rileks untuk berinteraksi dan memainkan peran sebagai orang lain sehingga pemaknaan peran akan lebih cepat untuk dipahami peserta diduk, sehingga secara perlahan peserta didik akan mengetahui dampak negatif yang terjadi pada korban bullying dan dapat mereduksi perilaku bullying ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan pelaksanaan penelitian secara kolaboratif dengan guru BK MTsS YPMI Wanayasa selaku guru pamong sebagai praktikan dan peneliti sebagai observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menenunjukkan bahwa terjadi penurunan perilaku bullying terlihat dari perbandingan frekuensi perilaku bullying peserta didik. Hal tersebut menunjukkan bahwa teknik role playing efektif untuk mereduksi perilaku bullying di MTsS YPMI Wanayasa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

fokus

Publisher

Subject

Education Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

Fokus publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Guidance and Counseling study program of IKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: Guidance and Counseling educator in elementary, secondary and high school level. Guidance and Counseling observers ...