Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan yang telah dipelajari di MTsN 2 Mataram dan mengetahui pengaruh positif setelah metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok diterapkan oleh guru di MTsN 2 Mataram. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing terdiri dari satu kali pertemuan. Kesimpulannya, yaitu: 1) Pembelajaran dengan metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja guru yang ditandai dengan peningkatan rata-rata ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (62,00%), danĀ siklus II (97,00%). 2) Penerapan metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok pada materi pelajaran sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.Kata Kunci: Belajar aktif, Ceramah, Kerja Kelompok, dan Kinerja Guru
Copyrights © 2019