Journal of Classroom Action Research
Vol. 1 No. 1 (2019)

Melalui Metode Belajar Aktif Model Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok dapat Meningkatkan Kinerja Guru Mengajar di MTsN 2 Mataram Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Siti Rubianingsih (Kementerian Agama Kota Mataram)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan yang telah dipelajari di MTsN 2 Mataram dan mengetahui pengaruh positif setelah metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok diterapkan oleh guru di MTsN 2 Mataram. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing terdiri dari satu kali pertemuan. Kesimpulannya, yaitu: 1) Pembelajaran dengan metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja guru yang ditandai dengan peningkatan rata-rata ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (62,00%), danĀ  siklus II (97,00%). 2) Penerapan metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok pada materi pelajaran sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.Kata Kunci: Belajar aktif, Ceramah, Kerja Kelompok, dan Kinerja Guru

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...