Journal of Classroom Action Research
Vol. 2 No. 1 (2020)

Pelatihan Lari Lompat Rintangan Setinggi 50 cm Lima Repetisi Tiga Set dalam Meningkatkan Jarak Lompatan Nomor Lompat

Muhammad Ridwan (Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mataram, Kota Mataram)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa pelatihan lari lompat rintangan setinggi 50 cm lima repetisi tiga set dapat meningkatkan jarak lompatan nomor lompat jauh pada siswa putra kelas X SMAN 1 Mataram. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini prosedur penelitian berupa pengajaran atau pelatihan dilapangan. Jenis penelitian  yang akan digunakan adalah jenis penelitian guru sebagai peneliti yaitu guru mencobakan berbagai teknik dalam pembelajaran dalam aspek reaksi dan refleksi pada permasalahan yang akan diteliti pada siswa. Instrumen dalam penelitian PTK ini adalah tes unjuk kerja menggunakan lembar observasi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kegiatan pratindakan sebesar 69,56 dengan persentase ketuntasan sebesar 32,36%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 73,39 dan persentase ketuntasan sebesar 64,52%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Pada siklus II nilai rata-rata lompat jauh siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 77,22 dengan persentase ketuntasan sebesar 90,32%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pelatihan lari lompat rintangan setinggi 50 cm lima repetisi tiga set dapat meningkatkan jarak lompatan nomor lompat. Hal ini ditunjukkan dengan seluruh peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 71.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...