Jurnal Penelitian Keislaman
Vol. 15 No. 1 (2019): Kajian Keislaman Kontemporer

Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah: Studi terhadap Upaya Membina Karakter Siswa di SMKN 1 Gerung

murzal mahsun (uin mataram)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

This study aims to examine three main problems, namely: multicultural values ??contained in Islamic Education (PAI) learning; the process of investing multicultural values ??in PAI learning; methods of character building through multicultural values ??in PAI learning. The study was conducted at SMK 1 Gerung, West Lombok. Data analysis techniques include data collection, data reduction, data display and conclusion verification. The findings show that multicultural values ??contained in PAI learning content include tolerance values, equality values, unity values, kinship values, and justice values. The planting of multicultural values ??in PAI learning at SMK 1 Gerung uses two methods, namely the exemplary method and the habituation method. The impact of planting multicultural values ??on students is the growth of mutual tolerance, respect, accepting the opinions of others, mutual cooperation, not hostile, and the absence of conflict due to differences in culture, ethnicity, language, customs, and religion. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tiga permasalahan utama, yaitu: nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam pembelajaran PAI; proses penanaman nilai multikultural dalam pembelajaran PAI; metode pembinaan karakter melalui nilai multikulturalal dalam pembelajaran PAI. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Gerung. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku mata pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi nilai toleransi, nilai kesamaan, nilai persatuan, nilai kekerabatan, dan nilai keadilan. Penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Gerung menggunakan dua metode yaitu metode keteladanan dan metode pembiasaan. Dampak penanaman nilai-nilai multikultural terhadap siswa yaitu tumbuhnya sikap saling toleran, menghormati, menerima pendapat orang lain, saling bekerjasama, tidak bermusuhan, dan tidak adanya konflik karena perbedaan budaya, suku, bahasa, adat istiadat, dan agama.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

JPK: Jurnal Penelitian Keislaman (p-ISSN 2580-9652, e-ISSN 1829-6491) adalah jurnal ilmiah peer-review dan open access yang dikelola dan diterbitkan Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmuah Universitas Islam Negeri (UIN ) Mataram. Jurnal ini terbit secara berkala dua kali setahun, yakni pada bulan Juni ...