Biaya pendidikan merupakan salah satu permasalahan yang harus dihadapi orangtua. Berdasarkan data Susenas 2003, biaya pendidikan terdiri dari beberapa komponen dan yang paling tinggi adalah transporta siswa sekolah. Jumlah SMPN di Surabaya Pusat sebanyak 6 buah. Adanya jarak antara tempat tinggal dengan lokasi sekolah menimbulkan suatu pergerakan yang membutuhkan moda transportasi Penggunaan angkutan antar jemput ke sekolah paling banyak di SMPN 1 membuktikan preferensi siswa terhadap antar jemput tinggi, namun pelayanannya masih terbatas baik dari waktu, rute, kenyaman, keamanan dan lain-lain. Sehingga belum dapat memenuhi sesuai kebutuhan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan positivistik dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner untuk siswa di SMPN 1 Surabaya sebagai responden, Pengambilan kuisioner dilakukan pada siswa pengguna angkutan yaitu berjumlah 152 siswa. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui preferensi siswa serta faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam peningkatan angkutan antar jemput. Selanjutnya analisa yang digunakan adalah analisa statistik deskriptif melalui analisa proporsi serta analisa regresi logistik biner untuk mengetahui faktor-fakto yang dipertimbangkan dalam peningkatan angkutan antar jemput. Dari hasil kajian pustaka yang telah dilakukan, didapatkan faktor yang dipertimbangkan dalam pengingkatan angkutan antar jemput adalah kapasitas, rute, kecepatan dan kelancaran, biaya, waktu tempuh, kenyamanan, keamanan dan dampak yang ditimbulkan, Selanjutnya dari variabel tersebut melalui triangulasi antara preferensi siswa, regulator teori didapatkan konsep peningkatan angkutan antar jemput berdasarkan preferensi siswa SMPN di kawasan Surabaya Pusat yaitu angkutan yang nyaman dengan dilengkapi AC, waktu pelayanan yang tepat dan tidak lebih dari 1 jam (0,5 1 jam), mempunyai yang terpendek serta tarif yang murah yang didasarkan pada kesepakatan orangtua dan lembaga penyelenggara.
Copyrights © 2010