NANAEKE
Vol 1 No 1 (2018)

IMPLEMENTASI PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KOTA PALOPO

Duriani Duriani (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi perencanaan kurikulum Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal terintegrasi dengan pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yakni melakukan penelitian langsung kelapangan dengan obyek penelitian Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo menggunakan pendekatan kearifan lokal dalam menerapkan kurikulum terintegrasi dengan pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan. Teknik yang digunakan dalam mengambil data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan pengukuran kredibilitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran kurikulum Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo meliputi Rencana Kegiatan Semester, Rencana Kegiatan Mingguan dan Rencana Kegiatan Harian dan Evaluasi sebagai tahap akhir dalam penilaian hasil belajar anak didik dan alokasi waktu  yang digunakan dalam 2 Semester selama 34 minggu merupakan program tahunan diuraikan dalam Tema Diriku, Keluargaku, Lingkungan, Binatang, Tanaman, Kendaraan, Alam Semesta, Negaraku dijabarkan ke dalam berbagai sub tema dalam berbagai lingkungan perkembangan anak meliputi aspek nilai agama dan moral, aspek sosial emosional, aspek  kognitif, aspek bahasa dan aspek seni terintegrasi dengan pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan melalui pendekatan kearifan lokal dalam menanamkan nilai-nilai akidah, ibadah, akhlak dan muamalah pada diri anak sejak usia dini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nanaeke

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education aims to provide a forum for researchers in education, especially from Islamic studies to publish the original articles. The scope of NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education is teaching and learning, education policy, ...