Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 2 No. 1 (2016): Vol 2, No. 1, Desember 2016

UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 PAMANUKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)

Sriyanti, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2016

Abstract

Minat dan kemampuan pemahaman matematika siswa masih bisa dikatakan kurang baik yang berakibat kepada hasil belajar, khususnya di SMP Negeri 2 Pamanukan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Salah satu metode pembelajaran yang dirasa efektif dan efisien dalam pengajaran adalah metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Mendeskripsikan peningkatan minat siswa dalam pembelajaran matematika yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD 2) Mendiskripsikan Peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD. 3) apakah kemampuan pemahaman matematika yang mengunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada kemampuan pemahaman matematika yang menggunakan pembelajaran ekspositori. 4) Bagaiman minat siswa yang menggunakan pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran ekspositori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Method dan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematika dan skala minat. Dimana populasi penelitiannya di SMP Negeri 2 Pamanukan kelas VIII dengan sampelnya yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII-D dan VIII-E

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...