Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 4 No. 1 (2018): Vol. 4, No. 1, Juni 2018

UPAYA PENINGKATAN MUTU SMP TERPADU LAMPANG KABUPATEN SUBANG PROVINSI JAWA BARAT DALAM MENCAPAI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Priatna, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap upaya dan hasil yang telah dicapai oleh SMP Swasta Terpadu Lampang Subang dalam meningkatkan mutu pembelajaran untuk memenuhi standar nasional pendidikan (SNP), sehingga menjadi sekolah swasta yang berstatus sekolah standar nasional (SSN). Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kualitatif.Penelitian dilakukan di SMP Terpadu Lampang Subang Jawa Barat.Sebagai sumber data adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, komite sekolah dan siswa.Instrumen penelitian disusun berdasarkan delapan komponen SNP yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.Pengembangan instrument penelitian disesuaikan dengan konsep Standar Nasional Pendidikan (SNP), untuk membangun konstruk variabel yang akan diukur yang pada umumnya dijabarkan dalam komponen, aspek, dan indikator dari setiap SNP, demikian juga untuk pengembangan instrumen kinerja sekolah. Sehingga, dalam konteks kinerja sekolah yang tolok ukur pencapaiannya adalah standar nasional pendidikan (SNP).Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian program yang telah disusun dalam RPS SMP Terpadu Lampang telah mencapai 90% dengan target utama adalah pencaian tingkat UAN dan kelulusan yang telah dilaksanakan oleh guru baik dalam penyusunan RPP dan bahan ajar telah mencapai 85%, Manajemen yang dikembangkan SMP Terpadu Lampang menyumbangkan nilai yang cukup siginifikan terutama dalam perencanaan dan implementasi program, sementara pengawasan dan kepemimpinan Kepala Sekolah telah berjalan dengan baik, sehingga nilai yang didapat cukup signifikan, sementara komponen lainnya yang cukup menonjol adalah PBM dan standar isi yang mendapatkan nilai yang cukup baik, sehingga dapat dikembangkan lebih lanjut.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...