Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Desember 2019

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Sadat, Anwar (Unknown)
Herlina, Irna (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2020

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran model  Reciprocal Teaching dan yang  memperoleh pembelajaran konvensional. Selain itu, dianalisis pula tentang sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model reciprocal teaching. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan sampel penelitian terdiri dari 64 siswa kelas VIII yang berasal dari dua kelas di SMP Negeri I  Cijambe. Kedua kelas diberikan pretes dan postes kemampuan komunikasi matematis,  dan diberi angket sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran model reciprocal teaching. Hipotesis penelitian diuji dengan uji parametrik yaitu uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol; (2) Sebagian besar siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...