Tulisan ini diangkat dari hasil penelitian penulis dua tahun yang lalu. Penulis menilai masih relevan untuk ditulis dan dikembangkan dalam bentuk artikel dengan bahasa yang populer untuk lebih memudahkan pembaca mencerna isi pesan yang ingin disampaikan. Tujuan pendidikan nasional harus menjadi acuan wajib para penyelenggara pendidikan dari semua jenis dan jenjang pendidikan, karena sudah menjadi amanat yang tercantum dalam Undang-undang Sisdiknas no 20 tahun 2003. Secara lahiriyah tujuan pendidikan nasional sudah mencerminkan tiga domain ideal yakni domain cognitif, apektif, dan psycomotor.namun bila dikritisi lebih cermat melalui pendekatan nilai-nilai kandungan dan semangat ayat 30 surah ar Ruum dan ayat 172 surah al ‘Araaf, akan ditemukan ketidak sesuai yang berimplikasi terhadap persepsi dan pandangan para penyelenggara pendidikan dalam bersikap terhadap para anak didik. Mengapa, karena rumusan tujuan pendidikan nasional tersebut mengesankan atau tegasnya memposisikan insan indonesia (peserta didik), belum beriman dan seolah-olah iman dan taqwa itu diperoleh melalui pendidikan. Nilai-nilai apa yang terkandung dalam dua surah ar Ruum dan al ‘Araaf, dan implikasi apa terhadap para pendidik dan peserta didik dari rumusan pendidikan nasional, serta rumusan bagaimana yang harus diperbaiki dalam tujuan pendidikan nasonal. Kata Kunci: nilai-nilai, implikasi, rumusan.
Copyrights © 2018