Penelitian ini bertujuan menguji hipotesis dan menemukan solusi permasalahan kepemimpinan transformasional dan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelatif. Teknik sampel menggunakan random sampling area dengan melibatkan sebanyak 57 guru SDN 1 Nagri Kidul kabupaten Purwakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment, uji determinasi, uji signifikansi, dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru dengan tingkat korelasi sedang (0,498) dan koefisien determinasi sebesar 0,248 atau 24,8 %. Upaya optimalisasi kinerja guru dapat dilakukan kepala sekolah melalui keteladanan, motivasi, kebijakan yang demokratis, memberikan reward, melakukan hubungan dan pendekatan personal yang baik serta menciptakan rasa aman dan nyaman dalam bekerja. Kepala sekolah juga perlu mengadakan pembinaan dan pengawasan yang tersistem dan terarah agar kinerja guru senantiasa mengalami perbaikan sehingga meningkatkan mutu pendidikan.
Copyrights © 2019