Value : Journal of Management and Business
Vol. 4 No. 2 (2019): Value Journal of Management and Business

Pengaruh E-Service Quality Dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka Pada Komunitas Backpacker Karawang

Sunandra Sunandra (Universitas Buana Perjuangan)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh E-Service Quality dan Trust terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka pada Komunitas Backpacker Karawang baik secara parsial maupun secara simultan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang selanjutnya di isi oleh responden dan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan .  Populasi yang digunakan adalah Pelanggan Traveloka di Komunitas Backpacker Karawang sebanyak 300 orang. Pengambilan jumlah sampel  perhitungan dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%. Didapat sampel sebanyak 170 orang. Teknik analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS.Hasil Penelitian menunjukkan E-Service Quality Traveloka berada pada kriteria Setuju yang berarti bahwa upaya memperkenalkan kualitas pelayanan traveloka sudah dapat diterima dengan baik, Trust (kepercayaan) pengguna traveloka berada pada kriteria Setuju yang berarti bahwa kepercayaan komunitas backpacker Karawang pada traveloka sudah baik dan dinyatakan memiliki nilai tinggi. Kepuasan Pelanggan Komunitas Backpacker Karawang pada Traveloka berada pada kriteria Setuju yang berarti bahwa Kepuasan Pelanggan Komunitas Backpacker Karawang dinilai sudah baik dan dinyatakan tinggi. Terbukti terdapat pengaruh yang positif E- Service dan Trust terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka pada Komunitas Backpacker Karawang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

value

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal ilmiah mengenai bidang ilmu manajemen dan bisnis yang diterbitkan dua kali dalam setahun. Issued by Faculty of Economics, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat Indonesia, periodically (every 6 months) in March and September with the aim of disseminating information about the study ...