Penelitian ini mengeksplorasi keterampilan argumentasi mahasiswa dan interaksi keterampilan-keterampilan yang mempengaruhi perubahan keterampilan argumentasi akibat pengetahuan konseptual dalam proses perkuliahan fisika dasar materi induksi magnetik. Sampel penelitian ini 33 mahasiswa mata kuliah fisika dasar semester genap. Mahasiswa menyampaikan argumentasi tertulis dan lisan masing-masing tiga kali perulangan selama diskusi ilmiah. Metode penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan posttest only control group design. Group interview, observasi individu dan tes merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa mahasiswa mampu membangun sebagian keterampilan argumentasi dalam bentuk dukungan dan tambahan dalam rangkaian konsepsi ilmiah. Eksplorasi konten induksi magnetik memunculkan berbagai keterampilan argumentasi selama diskusi ilmiah sehingga memicu berbagai interaksi keterampilan terkait dengan pengetahuan konseptual mahasiswa. Diskusi ilmiah memicu sifat interaktif menggunakan dukungan teknologi informasi yang dapat mendukung mahasiswa mengeksplorasi konten dalam diskusi ilmiah. Pengetahuan konseptual yang diperoleh terkait teori dasar induksi magnetik yang berkembang dalam argumentasi mahasiswa.
Copyrights © 2020