COPE
2014: COPE, No.2, Tahun XVIII, November 2014

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI JETIS 1 YOGYAKARTA

Khamid Khamid (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2015

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaanpembelajaran matematika dan peningkatan hasil belajar siswa kelas VI A SD NegeriJetis 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitiantindakan kelas ini dilaksanakan selama 3 siklus. Pengumpulan data menggunakaninstrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes hasil belajarsiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajarankooperatif tipe Think Pair Share terdapat peningkatan pada siklus I diperolehnilai rata-rata kelas 76,34, siklus II nilai rata-rata kelas 80,77, dan pada siklus IIIdiperoleh nilai rata-rata kelas 90,19. Melalui TPS, siswa telah merasakan bahwaaktivitas berfiir ini memang memerlukan pengetahuan yang dimiliki masingmasing, siswa sudah mampu bekerja kelompok dan menyepakati hasilnya, sertamempertanggungjawabkan hasilnya di depan kelas.Kata Kunci : Think Pair Share, Hasil Belajar, Matematika

Copyrights © 2014