Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplore efektivitas pembelajaran melalui komunikasi orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK dikelas X SMA Negeri 1 Poso Pesisi Utara. Sampel yang digunakan sebanyak 24 orang tua siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dari populasi yang berjumlah 161 orang tua siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan, ternyata ada perubahan nilai sebelum dan sesudah komunikasi itu dilaksanakan. Dari hasil analisis angket digambarkan bahwa 29% orang tua siswa selalu berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa, 24% orang tua siswa sering berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa, 27% orang tua siswa kadang-kadang berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa, 20% orang tua siswa tidak pernah berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020