Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis 4C dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis 4C di SMA Negeri 2 Semarapura. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang kelas X di SMA Negeri 2 Semarapura. Data dikumpulkan melalui metode observasi partisipasi pasif dan metode wawancara semi terstruktur yang berkaitan dengan implementasi pembelajaran berbasis 4C. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran berbasis 4C sudah sesuai dengan langkah-langkah (critical thinking and problem solving, creativity and innovations, communication, and collaboration). Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan pembelajaran berbasis 4C yaitu pada kegiatan critical thinking and problem solving siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Solusi yang dilakukan guru yaitu guru tidak hanya menyampaikan materi melainkan juga lebih berperan aktif untuk merangsang keingintahuan siswa.Kata Kunci : Implementasi, pembelajaran berbasis 4C, critical thinking and problem solving. ????????4C????????????????????????????????????????????????? ????????????????????????????????????????????????4C?????????4C????????????????????????4C? ???????????????????????????????????????????????4C???????????? ?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????keyword : ???4C?????????????????
Copyrights © 2020