Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
Vol 8, No 2 (2011)

Kajian Strategi Event and Experience Dalam Rangka Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru (Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi Unisba)

Ratih Tresnati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis-Manajemen, Universitas Islam Bandung (Unisba))



Article Info

Publish Date
07 Sep 2011

Abstract

Artikel ini membahas tentang Strategi Event & Experince yang diguan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Bandung guna meningkatkan iumlah mahasiswa Baru. Event & Experience, pada dasarnya adalah sebuah alat promosi memberikan pengalaman kepada pelanggannya, siswa-siswa SMA dan sederajatnya di kota Bandung dan sekitarnya, antara lain dengan mengadakan kunjungan ke SMA-SMA di lingkungan kota Bandung dan sekitanya bahkan ke Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pelaksanaan Strategi Event & Experience yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Unisba; 2) Mengetahui Hasil Strategi Event & Experience tersebut terhadap Peningkatan jumlah Mahasiswa Baru.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Guna mendapatkan data tentang Strategi Event & Experience, jenis datanya sekunder berupa laporan Tahunan Unisba, yang diperoleh dengan wawancara kepada : Kabag Humas Unisba. Pimpinan Fakultas Ekonomi Unisba, Kabag Puslahta Unisba. Analisis dalam penelitian ini adalah melalui teknik FGD (Focus Group Discussion) dan Brainstorming  kemudian dikonfrontir dengan data sekunder yang didapatkan, dianalisis lebih tajam mengenai dampak Strategi Event & Experience terhadap jumlah mahasiswi baru di Ekonomi. Dalam beberapa tahun terakhir, Fakultas Ekonomi melakukan promosi dengan menggunakan alat promosi Event & Experience, dengan media : kunjungan ke SMA-SMA se kota Bandung atau di kota-kota di Jawa barat, pelatihan-pelatihan ditujukan ke siswa maupun guru-guru SMA dan lain-lain. Cukup mengembirakan dimana jumlah pendaftar ke Unisba khusunya Fakultas Ekonomu menunjukkan trend yang meningkatkan dari tahun ke tahun. Key word : Event & Experience

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

performa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Performa Journal publishes articles and brief communication with management theme (marketing, human resources, financial, operations, startegy), Islamic ecomy general economy, islamic and general approches development study, business in islamic and general basis. ...