Asas: Jurnal Sastra
Vol 9, No 1 (2020): ASAS : Jurnal Sastra

Efektivitas Strategi Pembelajaran Aktif Quiz Team terhadap Hasil Belajar Menelaah Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019

Shella Shefty Rizqi (Universitas Negeri Medan)
Abdurahman Adisaputera (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2020

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran aktif Quiz Team terhadap hasil belajar menelaah teks biografi siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah kelas X TG2 berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan penelitian deskriptif dengan tipe tes awal-tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test-post-test). Nilai rata-rata pre- test siswa yaitu sebesar 47,83 dengan kategori kurang, dan tidak memenuhi KKM yaitu sebesar 75, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa yaitu sebesar 79,67 dengan kategori baik dan telah memenuhi KKM. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung>Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (yaitu 0,127 < 0,161), hasil uji normalitas data post-tes tadalah (-0,022 < 0,161). Hasil uji homogenitas hasil belajar menelaah teks biografi siswa adalah Fhitung< Ftabel yakni 1,38<4,19 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 13,9 > 2,04, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif Quiz Team efektif terhadap hasil belajar menelaah teks biografi siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun ajaran 2018/2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...