JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Vol. 4 No. 1 (2019): JP2BS

AN ANALYSIS ON COMPONENTS AND RHETORICAL FIGURES OF PERSUASIVE WRITTEN DISCOURSE IN ADVERTISEMENTS

Hasrat Sozanolo Harefa (IKIP Gunungsitoli)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen-komponen dan figur retorika dari wacana persuasif tertulis pada iklan cetak. Penelitian ini menggunakan desain evaluasi deskriptif yakni analisa isi yang menjelaskan tiga komponen iklan persuasi (etos, patos, logos) dan figur retorika iklan (skema dan kiasan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 20 iklan minum ringan, sebagian besar (90%) memiliki patos. Logos berada pada posisi kedua (80%). Sebagian iklan tidak memiliki etos, hanya 60% atau 12 iklan. Selanjutnya semua iklan minuman ringan (100%) memiliki skema, hanya 40% atau 8 iklan yang memiliki kiasan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP2BS

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JP2BS is a high-quality open access research journal published by Institute for Research and Community Service of Muslim Nusantara Al Washliyah University (LP2MUMNAW). JP2BS receives research articles written by researchers, teachers, students, academics, professionals, and practitioners, this ...