Jurnal Geografi
Vol 3 No 2 (2014)

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

Heppy Yanti (Guru SMA N 1 Pariaman)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2014

Abstract

ABSTRAK Proses belajar mengajar, aktivitas dan motivasi merupakan salah satu faktor besar pengaruhnya terhadap hasil belajar. Siswa yang motivasinya dan aktivitas yang tinggi akan memperoleh hasil belajar yang baik. Pentingnya aktivitas dan motivasi belajar siswa terbentuk supaya terjadi perubahan belajar ke arah yang lebih positif. Berdasarkan hal tersebut menjadi landasan bagi penulis untuk mengadakan penelitian dengan judul ”Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Geografi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Kelas X IIS 3 di SMA Negeri 1 Paiaman.”Dari hasil pembahasan yang sudah diuraikan dalam bab IV bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X - IIS-3 di SMA Negeri 1 Pariaman dengan data sebagai berikut: Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar geografi adalah 60, dengan ketuntasan belajar 52 %. pada siklus ke II nilai rata-rata hasil belajar geografi adalah 88 dengan ketuntasan belajar 88% berarti mengalami kenaikan sekitar 28 poin dan ketuntasan naik 36%.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

geo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Journal of Geography adalah jurnal yang dikelola oleh Jurusan Geografi Fakuktas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Journal of Geography menerbitkan artikel-artikel ilmiah yang membahas tentang keilmuan keilmuan Geografi, Kependidikan Geografi serta hasil penelitian Ilmiah para Geografer di ...