JURNAL TUAH: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa
Vol 1, No 2 (2019): JURNAL TUAH: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa

Kesalahan Berbahasa pada Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Babussalam Pekanbaru

Khairun Nisa (Universitas Riau)
Mangatur Sinaga (Universitas Riau)
Charlina Charlina (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2019

Abstract

Bahasa merupakan nikmat yang tidak ternilai harganya. Bahasa diciptakan oleh Allah Subhanahuwa Ta’ala untuk memudahkan manusia saling mengenal. Bahasa berdasarkan bentuk penggunaannya terbagi menjadi dua jenis yaitu (1) ragam bahasa lisan dan (2) ragam bahasa tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tataran-tataran kesalahan berbahasa di bidang taksonomi linguistik yang terdapat pada teks eksposisi karangan siswa kelas VIII SMP Babussalam, Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan di Pekanbaru dengan memanfaatkan sumber-sumber buku yang dimiliki dengan kajian pustaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Ditemukan 260 kesalahan taksonomi linguistik dari 94 karangan siswa di antaranya sebanyak 39 kesalahan tataran fonologi, 115 kesalahan morfologi, 19 kesalahan frasa, 2 kesalahan klausa, 79 kesalahan sintaksis, dan 7 kesalahan semantik. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kesalahan berbahasa taksonomi linguistic yang paling umum terjadi adalah kesalahan pada tataran morfologi dan yang paling sedikit terdapat pada tataran semantik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JTUAH

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JURNAL TUAH: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa merupakan jurnal yang di kelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Jurnal ini sebagai tempat atau wadah untuk publikasi artikel ilmiah, baik berupa hasil penelitian maupun ...