Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan murattal Al-Qur’an sebagai backsound (pengiring) dalam meningkatkan konsentrasi belajar Fisika siswa. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 6 di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa audio, angket Pre Test dan Post Test konsentrasi siswa, serta wawancara terhadap 5 orang siswa dari kelas yang diteliti. Penelitian ini menerapkan media audio murattal Al Qur’an agar membuat kondisi kelas menjadi kondusif sehingga siswa dapat berkonsentrasi pada saat belajar Fisika. Murattal Al-Qur’an efektif dan berpengaruh positif terhadap aspek menjawab, psikologi, dan lingkungan. Namun murattal Al-Qur’an tidak efektif terhadap aspek sambutan lisan (verbal respons). Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat pengaruh “negatif” penggunaan murattal Al-Qur’an dalam pembelajaran fisika terhadap aspek fokus pandangan, perhatian, dan sambutan psikomotorik.
Copyrights © 2019