Untuk menghasilkan bidan yang memiliki kompetensi sesuai dengan harapkan maka dibutuhkan pengelolaan pendidikan yang berkualitas. Terdapat lima faktor penentu mutu layanan jasa, yang pada akhirnya menjadi penentu tingkat kepuasan, termasuk didalamnya adalah kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran laoratorium kebidanan. Penelitian bertujuan mengungkapkan kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran laboratorium di Prodi Kebidanan UNSIKA. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif analitik. Data diperoleh melalui wawancara dan penyebaran angket kepada mahasiswa semester II, IV dan VI secara acak. Dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel independen yaitu persepsi mahasiswa berhubungan secara bermakna dengan variabel dependen yaitu kepuasan mahasiswa dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Mahasiswa berpendapat bahwa persepsi mutu pembelajaran praktik laboratorium kebidanan baik. Yang paling dominan yaitu persepsi mengenai empati dosen dan pengelola Program Studi Kebidanan, dalam memberikan perhatian mengenai pentingnya pembelajaran praktek laboratorium. Walaupun dilihat dari hasil penelitian bahwa persepsi mutu mahasiswa baik (>60%), Prodi Kebidanan UNSIKA harus terus berupaya meningkatkan kualitas dalam program pembelajaran praktek Laboratorium. Kata Kunci : Kepuasan Mahasiswa, Pembelajaran Laboratorium
Copyrights © 2016