Rumah Sakit harus mampu menampilkan dan memberikan pelayanan kesehatan serta sarana-prasarana yang berkualitas yang mengandung unsur-unsur, diantaranya Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance & Empathy sehingga dapat memberi  kepuasan bagi Pasien dan dampaknya terhadap loyalitas PasienPenelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain studi cross-sectional yang dilakukan di Instalasi Rawat Jalan RSI Jakarta dengan sampel sebanyak 103 Orang. Data penelitian diolah secara kuantitatif dengan metode Analisa Jalur (Path Analysis).Hasil Uji Statistik menunjukkan bahwa variabel mutu layanan dokter berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas Pasien 8,2% dan secara tidak langsung melalui variabel intervening kepuasan Pasien 12,3%, sedangkan variabel fasilitas juga secara langsung berpengaruh terhadap loyalitas Pasien 7,1% dan secara tidak langsung sebesar 21%. Variabel kepuasan Pasien berpengaruh terhadap loyalitas Pasien sebesar 21,6%, sehingga kepuasan Pasien memiliki pengaruh yang dominan mempengaruhi loyalitas Pasien dibanding dengan variabel mutu layanan dokter dan fasilitas. Kata kunci : Mutu Layanan Dokter, Fasilitas, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019