JURNAL DERIVAT: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Derivat (Desember 2015)

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi Untuk Memfasilitasi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Suparni, Suparni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2015

Abstract

Pada saat ini pembelajaran yang mengutamakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa banyak menjadi pembicaraan. Berpikir kritis merupakan salah satu karakter yang akhir-akhir ini memang menjadi isu pendidikan, selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa.. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa perlu dilakukan inovasi pembelajaran. Berdasarkan pemikiran itulah maka peneliti akan melakukan penelitian  pengembangan untuk mengembangkan bahan ajar yang berbasis integrasi interkoneksi untuk memfasilitasi peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi.Penelitian ini merupakan penelitian pemgembangan dengan menggunakan desain yang mengadaptasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Langkah tersebut terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan bahan ajar berbasis integrasi interkoneksi dengan kualitas sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 87,6 % dari ahli materi, 86% ahli media, dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebesar 17,5135.  Kata Kunci: Bahan ajar,  integrasi interkoneksi, berpikir kritis.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

derivat

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, e-ISSN: 2549-2616, p-ISSN: 2407-3792 Is an information container containing scientific articles of research, literature studies, ideas, the application of theory, the study of critical analysis, and Islamic studies in the field mathematics ...