JURNAL DERIVAT: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Derivat (Juli 2017)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)

Prihastuti, Leny (Unknown)
Riyadi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII E SMP N 2 Pajangan. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Pajangan, dengan subyek penelitian kelas VII E yang berjumlah 28 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif antara guru matematika kelas VII E SMP N 2 Pajangan dengan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, dokumentasi, wawancara, catatan lapangan dan tes. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi sifat-sifat bangun segiempat dan keliling serta luas bangun segiempat, siswa mengalami peningkatan kemampuan komunikasi matematika. Kata Kunci: Komunikasi matematika, model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

derivat

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, e-ISSN: 2549-2616, p-ISSN: 2407-3792 Is an information container containing scientific articles of research, literature studies, ideas, the application of theory, the study of critical analysis, and Islamic studies in the field mathematics ...