Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penarikan sampel yang peneliti lakukan dengan menggunakan rumus slovin. Sampel dalam penelitian ini adalah warga Desa Rantau Sialang dengan jumlah responden sebanyak 97 orang. Metode analisis dengan menggunakan alat analisis dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung (146,337) Ftabel (2,471) dan nilai signifikan 0,000. Selanjutnya berdasarkan hasil uji t untuk variabel faktor budaya (X1) diperoleh nilai thitung (-0,119) nilai ttabel (-1,985), nilai signifikan t sebesar 0,905 nilai α (0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor budaya (X1) secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sementara itu, variabel faktor sosial (X2) diperoleh nilai thitung (4,771) nilai ttabel (1,985) dan nilai signifikan t sebesar 0,000 nilai α (0,05); variabel faktor pribadi (X3) diperoleh nilai thitung (10,631) nilai ttabel (1,985) dan nilai signifikan t sebesar 0,000 nilai α (0,05); variabel faktor psikologis (X4) diperoleh nilai thitung (-2,713) nilai ttabel (-1,985) dan nilai signifikan t sebesar 0,008 nilai α (0,05). Dengan hasil tersebut berarti bahwa faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3) dan faktor psikologis (X4) secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Kata kunci: Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis dan Keputusan Pembelian.
Copyrights © 2020