Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 9, No 2 (2011)

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Diskrepansi Kepuasan Pembaca

Tuti Widiastuti (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bakrie, Universitas Bakrie)
Suharyanti Suharyanti (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bakrie, Universitas Bakrie)
Dessy Kania (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bakrie, Universitas Bakrie)
Dianingtyas M. Putri (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bakrie, Universitas Bakrie)
Bambang Sukma Wijaya (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bakrie, Universitas Bakrie)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Setiap orang memiliki motif dalam menggunakan media massa dan tidak setiap media dapat memenuhi kepuasan seseorang. Sering terdapat kesenjangan antara apa yang diinginkan seseorang dari media massa dengan apa yang diperoleh orang tersebut setelah mengonsumsi media massa. Dalam pandangan uses and gratification, seseorang secara selektif menggunakan media massa untuk mempertahankan atau merubah kondisi perasaan (suasana hati) atau kondisi kegembiraan (rousal). Tulisan ini menguji gratifikasi yang diharapkan (gratification sought/GS) berpengaruh pada gratifikasi yang diperoleh khalayak (gratification obtained/GO). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, dengan teknik pengambilan responden purposive sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil uji Path Analysis, bahwa kepuasan khalayak pada surat kabar secara langsung maupun tidak, dipengaruhi oleh faktor gratifikasi yang diharapkan (GS), gratifikasi yang diperoleh (GO), sosiabilitas, teman sebaya, intensitas membaca surat kabar, tingkat interaktivitas, kredibilitas sumber, tingkat pendidikan, dan tingkat sosial ekonomi.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...