Latar Belakang : Kreativitas anak harus dibangun sejak dini serta perlu dibekali kemampuan dalam mengembangkan kreativitas untuk mampu berfikir imajinatif. Dari hasil observasi pada 18 anak di TK Dharma Wanita Tampingan Kecamatan Boja hanya dapat menyelesaikan lipatan di tahap ke 3 dari 7 lipatan yang jadi standar dalam indikator dalam kegiatan meniru bentuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain origami terhadap kreativitas pada anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Tampingan Kecamatan Boja.Metode :Penelitian iniQuasi eksperimentaldengan one-group pre-test post-test design. Tekhnik pengambilan sampel menggunakanpurposive samplingdengan responden penelitian sebanyak 24 anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Tampingan Kecamatan Boja. Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon.Hasil :Penelitian ini diperoleh hasil analisis uji Wilcoxon di dapatkan p value 0,000 (? 0,05) dan nilai Z hitung -4,323 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Kesimpulan :Ada pengaruh bermain origami terhadap kreativitas pada anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Tampingan Kecamatan Boja.Kata Kunci :Bermain Origami, Kreativitas,  Anak Usia Prasekolah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015