Jurnal Ners Widya Husada
Vol 2, No 1 (2014)

PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 1 NGAREANAK KECAMATAN SINGOROJO KABUPATEN KENDAL

Wulandari, Priharyanti (Unknown)
Trisnarianti, Ni Made Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2018

Abstract

Dari hasil studi pendahuluan dengan 10 siswa, siswa yang mendapat pola asuh demokratis 6, otoriter 2 dan permisif 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa di SDN 1 Ngareanak Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SDN 1 Ngareanak yang berjumlah 167 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik stratified random sampling. Didapatkan sampel sebanyak 63 responden. Intrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisa data menggunakan uji Chi-Square. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data dari 63 responden penelitian, orang tua dengan pola asuh demokratis sebanyak 50 (79,4%), otoriter 9 (14,3%), permisif 4 (6,3%). Siswa dengan prestasi belajar baik 57 (90,5%), cukup 6 (9,5%), kurang  0 (0%). Dari hasil analisis didapatkan nilai x² sebesar 41,311 dengan p value sebesar 0,000 ? 0,05. Ada hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa di SDN 1 Ngareanak Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Kata Kunci : Pola asuh orang tua, Prestasi belajar siswa

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jners

Publisher

Subject

Education Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal ini berisi naskah ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Widya Husada Semarang, pada frekwensi 3 kali dalam ...