Dari hasil studi pendahuluan dengan 10 siswa, siswa yang mendapat pola asuh demokratis 6, otoriter 2 dan permisif 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa di SDN 1 Ngareanak Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SDN 1 Ngareanak yang berjumlah 167 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik stratified random sampling. Didapatkan sampel sebanyak 63 responden. Intrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisa data menggunakan uji Chi-Square. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data dari 63 responden penelitian, orang tua dengan pola asuh demokratis sebanyak 50 (79,4%), otoriter 9 (14,3%), permisif 4 (6,3%). Siswa dengan prestasi belajar baik 57 (90,5%), cukup 6 (9,5%), kurang  0 (0%). Dari hasil analisis didapatkan nilai x² sebesar 41,311 dengan p value sebesar 0,000 ? 0,05. Ada hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa di SDN 1 Ngareanak Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Kata Kunci : Pola asuh orang tua, Prestasi belajar siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014