Jurnal Ners Widya Husada
Vol 2, No 2 (2015)

HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN ASSURANCE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RS DR. ADHYATMA MPH SEMARANG

Sandi, Rika Amalia (Unknown)
Kustriyani, Menik (Unknown)
Wulandari, Priharyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2018

Abstract

Pelayanan dalam dimensi assurance menunjukan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas kepada pasien seperti keramahan, kesopanan, dan cara berkomunikasi dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dimensi kualitas pelayanan assurance terhadap kepuasan pasien di RS Dr.Adhyatma MPH Semarang.               Jenis penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian non experimental. Metode pendekatan cross sectional, pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling, didapatkan 194 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan di analisis menggunakan uji rank spearman.               Sebanyak 63,9% responden menyatakan bahwa kualitas assurance baik, sebanyak 56,7% responden merasa puas dengan pelayanan RS. Hasil uji statistik Rank Spearman terlihat bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan assurance dengan kepuasan pasien di Rawat Jalan RS Dr. Adhyatma MPH Semarang dengan nilai p-value secara berurutan (p=0,000) yang berarti lebih kecil dari ?=0,05 (p<?), maka Ho ditolak. Semakin baik kualitas pelayanan assurance yang diberikan kepada pasien maka pasien akan semakin puas dengan pelayanan Rawat Jalan di RS Dr. Adhyatma MPH Semarang Kata Kunci: kualitas pelayanan assurance, kepuasan pasien.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jners

Publisher

Subject

Education Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal ini berisi naskah ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Widya Husada Semarang, pada frekwensi 3 kali dalam ...